Misteri Masjid Baitul Aziz Hadiwarno

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Masjid Baitul Aziz yang terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, merupakan salah satu situs cagar budaya yang ada di Kota Kudus. Kebaradaan Masjid ini menjadi sebuah bukti akan perjalan dakwah Wali Songo dalam mensyiarkan agama Islam di tanah Jawa.

Menurut cerita masyarakat setempat, bahwa Masjid tersebut dibangun oleh seorang Wali. Hal ini terlihat jelas dari Tri Sula Naga yang terukir di Gapura Masjid Baitul Aziz. Tri Sula Naga merupakan bahasa Sansekerta, dimana Tri berarti tiga, Sula berarti enam dan Naga berarti delapan atau secara keseluruhan diartikan sebagai tahun 836 Hijriah dalam kalender Islam.

“Pada tahun 836 Hijriah dimaknai sebagai tahun berdirinya Masjid baitul Aziz. Dimana pada tahun tersebut merupkan masa Sunan Kudus dan Sunan Muria, dari itu dapat ditarik benang merah bahwa Masjid ini dibangun pada zaman Wali Songo,” ungkap Nadzir Masjid Baitul Aziz, Saelan (54).

Mimbar Masjid Baitul Aziz di Desa Hadiwarno, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Senin (19-02-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Tak hanya itu, bukti bahwa Masjid ini di bangun oleh Wali Songo dapat dilihat dari keberadaan Soko Papat. Setiap Masjid yang dibangun oleh Wali Songo memiliki ciri khas berupa Soko Papat yang dijadikan sebagai penyangga.

Selain Soko Papat terdapat pula Gapura dan Mimbar dari bata merah yang bercorak nuansa Hindu. Mimbar dan Gapura tersebut masih terawat dan digunakan hingga saat ini. Meskipun dibangun pada tahun 863 Hijriah, tidak menjadikan sejumlah bangunan sejarah Masjid ini rusak termakan zaman.

Di Masjid tersebut, juga terdapat sebuah sumur yang oleh masyarakat sekitar diberi nama Sumur Panguripan. Nama tersebut diambil lantaran air sumur ini tidak pernah kering.

“Saat musim kemarau, air sumur ini tetap ada dan dimanfatkan oleh masyarakat sekitar, sebagai sumber penghidupan. Karena itulah sumur tersebut dinamakan Sumur Panguripan,” kata lelaki paruh baya ini.

Imbuhnya, “Meskipun sejumlah bukti dan cerita menunjukkan bahwa Masjid tersebut, di bangun oleh Wali. Akan tetapi sampai saat ini masyarakat tidak mengetahui secara pasti, tokoh yang membangunnya dan bagaimana sejarah dari Masjid Baitul Aziz.” (NNC/AM)

No comments

Powered by Blogger.