Sidak Jelang Idul Adha, Petugas Distanpangan Kudus Temukan Hewan Kurang Sehat

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Kesehatan - Sejumlah dokter hewan dan petugas Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Kudus melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan hewan qurban yang bakal disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Catur Sulistiyanto memimpin langsung jalannya pemeriksaan hewan di pasar hewan jalan lingkar selatan, Gulang Kecamatan Mejobo, Kudus, Senin (13-08-2018).

Bersama instansi terkait, Pihaknya selektif serta terlibat dalam memeriksa  kesehatan hewan yang disembelih. Mestinya sudah jauh-jauh hari (Bulan Maret lalu, Red) pihaknya rutin melakukan pemeriksaan, baik di pasar hewan, dan sejumlah kelompok kecamatan.

Sejumlah dokter hewan dan petugas Distanpangan Kudus melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan hewan qurban yang bakal disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah di Kabupaten Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Tujuannya apabila ditemukan ada hewan ternak sakit maka bisa secepatnya dilakukan pengobatan sehingga bisa digunakan ketika hari raya idul adha. "Dalam sepekan, kami mutar keliling bisa 5 kali. Sejauh ini kegiatan berjalan dengan sangat baik," jelas Catur.

Tim melakukan pemeriksaan mulai dari depan, yakni los Sapi, kemudian Kerbau dan Kambing. Lebih lanjut, Biasanya pada saat pemeriksaan pasti semuanya sehat karena sudah dipilih dari para penjual, dengan tujuan untuk menarik pembeli. "Nah, tadi kita temukan ada sapi yang kondisinya tidak sehat,” ujar Catur Sulistiyanto.

Saat masuk di baris los pertama pasar, Catur menemukan hewan sapi yang kondisinya sedang tidak sehat, "Bisa jadi kondisi kelelahan di perjalanan, atau faktor lain," ucapnya.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya memeriksa hewan tersebut, Sehingga bisa dilakukan langkah terapi agar bisa sehat kembali dan siap dijual sebagai hewan kurban. (AJ/RM)

No comments

Powered by Blogger.